Rabu, 24 Desember 2014

Proposal Proyek Jaringan pada Bank

PROPOSAL
BNI MOBILE E-BANKING
APLIKASI YANG MEMBANTU NASABAH DALAM PERBANKAN

Diusulkan Oleh :
Muhamad Fahmi Saleh
2KB05

UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2014

BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Pengelolaan sebuah proyek IT sangat berbeda dengan pengelolaan proyek-proyek pada umumnya. Hal ini dikarenakan IT memiliki  hubungan yang sangat luas dan terikat dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat dewasa ini. Di dalam dunia IT para pekerja, seperti: programmer, system analyst, designer dan administrator, menghadapi berbagai kendala dalam menjalankan fungsinya. Hal   ini  dikarenakan   antara   lain: perubahan strategi bisnis perusahaan, kompatibilitas perangkat keras, pilihan perangkat lunak yang beraneka ragam, masalah pengamanan data,bandwith jaringan komputer, tingkah laku para pengguna akhir dan pekerja lainnya serta kebijakan-kebijakan dari eksekutif perusahaan.
Semua permasalahan di atas membuat pengelolaan proyek IT menjadi sangat kompleks   dan   rentan   terhadap   kegagalan. Maka dari itulah kami sebagai IT Consultant ingin menawarkan jasa kepada Bank anda yang mana bertindak sebagai mitra dan customer kami untuk membantu design infrastruktur dan implementasi jaringan yang nantinya berguna untuk meningkatkan kinerja perusahaan menjadi lebih baik.

2. Tujuan Proposal
Proposal ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah cara baru untuk membantu bank dalam melayani nasabah bertransaksi, yaitu dengan cara menghasilkan sebuah aplikasi mobile yang dapat dipasang dalam berbagai macam telepon seluler atau smartphone. Dengan adannya aplikasi ini, akan memudahkan kedua pihak, yaitu pihak bank dan pihak nasabah. Keuntungan dari pihak nasabah yaitu nasabah akan terbantu dengan mudah dalam melakukan transaksi bank pada kesehariannya, nasabah dapat menghemat waktu dengan waktu transaksi yang tidak lama, serta kemampuan untuk bertransaksi di manapun dan kapan pun 

3. Hasil Akhir
Hasil akhir dari proyek ini adalah sebuah aplikasi mobile bernama “BNI e-Banking” yang dapat berjalan di berbagai macam smartphone dengan fungsi
  • Kemampuan untuk bertransaksi layaknya transaksi e-banking pada umumnya, seperti transfer uang, cek saldo rekening, layanan pembayaran seperti listrik, dan lain-lain
  • Kemampuan authentication yang dapat menjaga keamanan nasabah selama bertransaksi atau selama penggunaan aplikasi
  • GPS khusus untuk mencari lokasi ATM atau Bank BNI terdekat
  • Kemampuan menghubungi Call Center BNI untuk melayani nasabah lebih jauh
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
1. E-banking
E-banking adalah suatu layanan yang disediakan oleh bank dan diperuntukan bagi nasabah untuk dapat membantu nasabah dalam kegiatan perbankannya. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, e-banking dapat didefinisikan sebagai “penghantar” bagi nasabah untuk melakukan transaksi atau hal-hal lainnya yang berhubungan dengan bank yang terkait.
E-banking (atau online banking) bermula pada tahun 1980. Sekitar 1980-an, perbankan dan organisasi keuangan di Eropa dan Amerika Serikat memulai sugestif penelitian dan percobaan pemrograman pada konsep “perbankan rumah”. Awal 1980 saat komputer dan internet tidak begitu berkembang baik, penggunaan “perbankan rumah” pada dasarnya terbuat dari mesin fax dan telepon untuk memudahkan pelanggan mereka. Penyebaran fasilitas internet dan pemrograman menciptakan peluang untuk pengembangan “perbankan rumah”. Sejak mulai berkembangnya teknologi dan jaringan informasi, bank-bank besar mulai mencoba mengembangkan layanan berbasi IT. Layanan ini bermula dari New York, di mana 4 bank besarnya (Citibank, Chase Manhattan, Chemical dan Manufacturers Hanover) memberikan layanan perbankan rumah dengan sistem videotex. Tapi, akibat kegagalan komersil dari videotex, layanan perbankan ini tidak terlalu popular.
Kemudian Inggris mulai mengembangkan layanan ini pada 1983, di mana Bank of Scotland membuat layanan bernama Homelink untuk nasabah dari Nottingham Building Society (NBS). Dengan menggunakan komputer khusus dan jaringan telepon, nasabah dapat mengirimkan instruksi khusus kepada bank untuk melakukan transaksi atau kegiatan lainnya, seperti pengecekan saldo, pentransferan dana, dan sebagainya. Umumnya layanan ini digunakan nasabah untuk membayar tagihan listrik, telepon, dan tagihan-tagihan rumah lainnya.
Di Indonesia, penerapan e-banking baru dimulai pada tahun 2000. Beberapa bank di Indonesia mulai mengembangkan layanannya ke dunia maya, salah satu yang paling terkenal adalah Bank BCA dengan layanan ibank.klikbca.com. 

BAB III
METODE PELAKSANAAN
a. Proses Pengerjaan
1) Riset bahan
Tim akan melakukan riset dan pengumpulan bahan-bahan yang memungkinkan untuk membantu dalam perancangan dasar aplikasi
2) Desain & pembuatan aplikasi
Setelah memiliki sumber yang memadai, tim mendesain kerangka dasar dari aplikasi. Setelah terbentuknya kerangka dari aplikasi, tim mulai membuat aplikasi berdasarkan kerangka yang telah dibuat
3) Pengujian aplikasi
Setelah aplikasi berhasil dirampungkan, tim melakukan ujicoba atas kerja aplikasi
4) Ujicoba lapangan
Setelah aplikasi berhasil melewati ujicoba, tim melakukan ujicoba lapangan terhadap kinerja aplikasi pada kehidupan sehari-hari. Tim akan memilih 10 nasabah Bank BNI yang bersedia menjadi volunteer, kemudian pada smartphone nasabah dipasang aplikasi. Setelah kurun waktu tertentu, tim akan melakukan survey terhadap hasil kinerjja dari aplikasi
5) Dokumentasi dan troubleshooting
Selama proyek berjalan, tim akan terus melakukan dokumentasi. Hal ini berguna untuk melihat perkembangan dari aplikasi dari setiap perubahan yang dilakukan. Dan hasil dokumentasi ini dapat berguna untuk troubleshooting atas masalah dalam aplikasi
6) Perampungan aplikasi
Setelah sukses melewati uji lapangan, merupakan tanda bahwa aplikasi siap untuk diturunkan ke masyarakat. Aplikasi akan dirampungakan dan dipersiapkan untuk dilepas ke umum. Aplikasi ini dapat disebar melalui berbagai macam pusat aplikasi mobile untuk smartphone, seperti Marketplace untuk smartphone Windows Phone atau Google Play Store untuk smartphone Android
BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

a. Jadwal Faktual Pelaksanaan

Capture
b. Total Pengeluaran



DAFTAR PUSTAKA

en.wikipedia.org/wiki/Cyber_crime, 5 Januari 2014
en.wikipedia.org/wiki/E-banking, 5 Januari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar