PROPOSAL
BNI MOBILE E-BANKING
APLIKASI YANG MEMBANTU NASABAH DALAM PERBANKAN
Diusulkan Oleh :
Muhamad Fahmi Saleh
2KB05
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2014
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Pengelolaan sebuah proyek IT sangat
berbeda dengan pengelolaan proyek-proyek pada umumnya. Hal ini dikarenakan IT
memiliki hubungan yang sangat luas dan terikat dengan kemajuan teknologi
yang sangat cepat dewasa ini. Di dalam dunia IT para pekerja, seperti:
programmer, system analyst, designer dan administrator, menghadapi berbagai
kendala dalam menjalankan fungsinya. Hal ini
dikarenakan antara lain: perubahan strategi bisnis
perusahaan, kompatibilitas perangkat keras, pilihan perangkat lunak yang
beraneka ragam, masalah pengamanan data,bandwith jaringan komputer, tingkah
laku para pengguna akhir dan pekerja lainnya serta kebijakan-kebijakan dari
eksekutif perusahaan.
Semua permasalahan di atas membuat pengelolaan proyek IT menjadi sangat
kompleks dan rentan terhadap
kegagalan. Maka dari itulah kami sebagai IT Consultant ingin menawarkan jasa
kepada Bank anda yang mana bertindak sebagai mitra dan customer kami untuk
membantu design infrastruktur dan implementasi jaringan yang nantinya berguna
untuk meningkatkan kinerja perusahaan menjadi lebih baik.
2. Tujuan Proposal
Proposal ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah cara
baru untuk membantu bank dalam melayani nasabah bertransaksi, yaitu
dengan cara menghasilkan sebuah aplikasi mobile yang dapat dipasang
dalam berbagai macam telepon seluler atau smartphone. Dengan adannya
aplikasi ini, akan memudahkan kedua pihak, yaitu pihak bank dan pihak
nasabah. Keuntungan dari pihak nasabah yaitu nasabah akan terbantu
dengan mudah dalam melakukan transaksi bank pada kesehariannya, nasabah
dapat menghemat waktu dengan waktu transaksi yang tidak lama, serta
kemampuan untuk bertransaksi di manapun dan kapan pun
3. Hasil Akhir
Hasil akhir dari proyek ini adalah sebuah aplikasi
mobile bernama “BNI e-Banking” yang dapat berjalan di berbagai macam
smartphone dengan fungsi
-
Kemampuan untuk bertransaksi layaknya transaksi e-banking pada umumnya, seperti transfer uang, cek saldo rekening, layanan pembayaran seperti listrik, dan lain-lain
-
Kemampuan authentication yang dapat menjaga keamanan nasabah selama bertransaksi atau selama penggunaan aplikasi
-
GPS khusus untuk mencari lokasi ATM atau Bank BNI terdekat
-
Kemampuan menghubungi Call Center BNI untuk melayani nasabah lebih jauh
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
1. E-banking
E-banking adalah suatu layanan yang disediakan oleh
bank dan diperuntukan bagi nasabah untuk dapat membantu nasabah dalam
kegiatan perbankannya. Dengan memanfaatkan teknologi informasi,
e-banking dapat didefinisikan sebagai “penghantar” bagi nasabah untuk
melakukan transaksi atau hal-hal lainnya yang berhubungan dengan bank
yang terkait.
E-banking (atau online banking) bermula pada tahun
1980. Sekitar 1980-an, perbankan dan organisasi keuangan di Eropa dan
Amerika Serikat memulai sugestif penelitian dan percobaan pemrograman
pada konsep “perbankan rumah”. Awal 1980 saat komputer dan internet
tidak begitu berkembang baik, penggunaan “perbankan rumah” pada dasarnya
terbuat dari mesin fax dan telepon untuk memudahkan pelanggan mereka.
Penyebaran fasilitas internet dan pemrograman menciptakan peluang untuk
pengembangan “perbankan rumah”. Sejak mulai berkembangnya teknologi dan
jaringan informasi, bank-bank besar mulai mencoba mengembangkan layanan
berbasi IT. Layanan ini bermula dari New York, di mana 4 bank besarnya
(Citibank, Chase Manhattan, Chemical dan Manufacturers Hanover)
memberikan layanan perbankan rumah dengan sistem videotex. Tapi, akibat
kegagalan komersil dari videotex, layanan perbankan ini tidak terlalu
popular.
Kemudian Inggris mulai mengembangkan layanan ini pada
1983, di mana Bank of Scotland membuat layanan bernama Homelink untuk
nasabah dari Nottingham Building Society (NBS). Dengan menggunakan
komputer khusus dan jaringan telepon, nasabah dapat mengirimkan
instruksi khusus kepada bank untuk melakukan transaksi atau kegiatan
lainnya, seperti pengecekan saldo, pentransferan dana, dan sebagainya.
Umumnya layanan ini digunakan nasabah untuk membayar tagihan listrik,
telepon, dan tagihan-tagihan rumah lainnya.
Di Indonesia, penerapan e-banking baru dimulai pada
tahun 2000. Beberapa bank di Indonesia mulai mengembangkan layanannya ke
dunia maya, salah satu yang paling terkenal adalah Bank BCA dengan
layanan ibank.klikbca.com.
BAB III
METODE PELAKSANAAN
a. Proses Pengerjaan
1) Riset bahan
Tim akan melakukan riset dan pengumpulan bahan-bahan yang memungkinkan untuk membantu dalam perancangan dasar aplikasi
2) Desain & pembuatan aplikasi
Setelah memiliki sumber yang memadai, tim mendesain
kerangka dasar dari aplikasi. Setelah terbentuknya kerangka dari
aplikasi, tim mulai membuat aplikasi berdasarkan kerangka yang telah
dibuat
3) Pengujian aplikasi
Setelah aplikasi berhasil dirampungkan, tim melakukan ujicoba atas kerja aplikasi
4) Ujicoba lapangan
Setelah aplikasi berhasil melewati ujicoba, tim
melakukan ujicoba lapangan terhadap kinerja aplikasi pada kehidupan
sehari-hari. Tim akan memilih 10 nasabah Bank BNI yang bersedia
menjadi volunteer, kemudian pada smartphone nasabah dipasang aplikasi.
Setelah kurun waktu tertentu, tim akan melakukan survey terhadap hasil
kinerjja dari aplikasi
5) Dokumentasi dan troubleshooting
Selama proyek berjalan, tim akan terus melakukan
dokumentasi. Hal ini berguna untuk melihat perkembangan dari aplikasi
dari setiap perubahan yang dilakukan. Dan hasil dokumentasi ini dapat
berguna untuk troubleshooting atas masalah dalam aplikasi
6) Perampungan aplikasi
Setelah sukses melewati uji lapangan, merupakan tanda
bahwa aplikasi siap untuk diturunkan ke masyarakat. Aplikasi akan
dirampungakan dan dipersiapkan untuk dilepas ke umum. Aplikasi ini dapat
disebar melalui berbagai macam pusat aplikasi mobile untuk smartphone,
seperti Marketplace untuk smartphone Windows Phone atau Google Play
Store untuk smartphone Android
BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

b. Total Pengeluaran
DAFTAR PUSTAKA
en.wikipedia.org/wiki/E-banking, 5 Januari 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar